Cari Blog Ini

Sabtu, 12 Maret 2011

Dampak Positif Dan Negatif Dari Perkembangan Dunia Telekomunikasi


Dampak Positif Dan Negatif
Dari Perkembangan Dunia Telekomunikasi
KATA PENGANTAR
            Segala puja dan puji hanyalah milik Allah Swt. Alhamdulillah berkat rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan makalah ini, yang berjudul Dampak Positif Dan Negatif Dari Perkembangan Dunia Telekomunikasi.
            Selanjutnya, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada Dosen pembimbing yang telah rela meluangkan waktu di tengah kesibukan demi memberikan petunjuk/bimbingan kepada penulis, sehingga kesulitan-kesulitan dalam penyusunan makalah ini dapat diatasi dengan baik.
            Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini, sungguh masih sangat jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis tak henti-hentinya menunggu kritik dan saran yang membangun dari berbagai pihak demi penyempurnaan penulisan dimasa-masa berikutnya.


Penyusun

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.........................................................................................            i
KATA PENGANTAR ......................................................................................           ii
DAFTAR ISI .....................................................................................................          iii
BAB I.     PEDAHULUAN ...............................................................................           1
A.       LATAR BELAKANG ..............................................................           1
B.       TUJUAN PENULISAN ............................................................           2
C.       MANFAAT PENULISAN ........................................................           3
BAB II.   PEMBAHASAN ...............................................................................           4
A.       PENGERTIAN TELEKOMUNIKASI ....................................           4
B.       PERKEMBANGAN TELEKOMUNIKASI ............................           5
C.       JENIS-JENIS SARANA TELEKOMUNIKASI .....................           8
D.       DAMPAK POSITIF TELEKOMUNIKASI ............................         16
E.        DAMPAK NEGATIF TELEKOMUNIKASI ..........................         22
BAB III.  KESIMPULAN DAN SARAN .......................................................         30
A.       KESIMPULAN .........................................................................         30
B.       SARAN ......................................................................................         31
DAFTAR PUSTAKA .......................................................................................         32


BAB I
PENDAHULUAN
            Teknologi informasi dan komunikasi merupakan gabungan dari teknologi informasi dan teknologi telekomunikasi. Teknologi informasi sendiriberkaitan dengan pengolahan data menjadi informasi. Data tersebut bisa berupa angka, suara, maupun gambar. Data yang telah diolah akan menjadi informasi, misalnya dalam bentuk ringkasan, jumlah total (dalam penghitungan), dan juga laporan. Komputer merupakan alat terpenting dalam teknologi informasi. Mesin ini dilengkapi dengan serangkaian perintah untuk mengolah data menjadi informasi.
            Komunikasi adalah proses penyampaian dan penerimaan informasi. Komunikasi terjadi antara dua manusia yang sedang bercakap-cakap atau saling berkirim surat. Manusia juga berkomunikasi satu sama lain melalui mesin ketika mereka membuat panggilan telepon, atau mengirim E-mail dan fax. Selain itu, komunikasi juga terjadi antara mesin. Komputer saling bertukar data melalui jaringan komputer. Teknologi komunikasi atau teknologi komunikasi berkaitan dengan pengiriman dan penerimaan informasi pada jarak yang jauh. Teknologi ini melibatkan berbagai jenis peralatan, termasuk telepon, radio, televisi, mesin fax,satelit, dan internet.

Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
1.       Sebagai tugas mata kuliah Keterampilam Komputer di Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar semester I tahun ajaran 2009/2010.
2.       Untuk mengetahui pengertian telekomunikasi
3.       Untuk mengetahui perkembangan telekomunikasi
4.       Untuk mengetahui jenis-jenis sarana telekomunikasi.
5.       Untuk mengetahui dampak positif dan negatif dari adanya telekomunikasi diberbagai bidang.
6.       Sebagai kepedulian penyusun atas dampak dari penyalahgunaan dari telekomunikasi.
7.       Sebagai rasa keprihatinan penyusun atas banyaknya penyimpangan dari telekomunikasi oleh para remaja/ pemuda yang ada saat ini.

Dalam penulisan makalah ini adalah penulis berharap dapat memberikan manfaat sebagai berikut :
1.            Dapat melatih mahasiswa pada umumunya dan penulis khususnya dalam mengembangkan wawasan diri untuk menyusun buah pikiran secara sistematis dalam bentuk karya ilmiah.
2.    Dapat mengetahui dampak positif dan negatif dari adanya telekomunikasi
3.    Dapat mengetahui pengertian telekomunikasi.
4.    Dapat mengetahui sarana-sarana telekomunikasi.
5.    Dapat mengetahui perkembangan telekomunikasi.








BAB II
PEMBAHASAN
          Komunikasi merupakan kebutuhan pokok bagi setiap manusia baik bagi pertumbuhannya maupun bagi keperluan mempertahanankan kehidupannya. Pada abad sekarang ini, penyampaian informasi sudah semakin canggih, dimulai dari komunikasi sederhana sampai pada komunikasi elekronik. karena didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi yang selalu berkembang, sehingga mempermudah kita dalam melakukan pertukaran informasi, transaksi, dalam segala hal. Kemudahan dalam melakukan komunikasi ini tidak lepas dari peralatan telekomunikasi yang semakin berkembang. Dengan adanya peralatan telekomunikasi ini, memungkinkan manusia di seluruh belahan dunia untuk dapat bertukar informasi secara lebih cepat, tepat dan akurat.
           Teknologi informasi dan komunikasi merupakan gabungan dari teknologi informasi dan teknologi telekomunikasi
Pengertian teknologi informasi dan komunikasi dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Menurut Haag dan Keen ( 1996 ), teknologi informasi adalah seperangkat alat yang digunakan untuk membantu dalam melakukan tugas – tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
Menurut Martin ( 1999 ) Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
Menurut Williams dan Sawyer ( 2003 ) Teknologi informasi adalah penggabungan komputasi (computer dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.
Teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan teknologi komunikasi
            Pada abad ke-5 sebelum Masehi, kerajaan Yunani kuno dan Romawi menggunakan api untuk berkomunikasi dari gunung ke gunung atau menara ke menara. Telekomunikasi dilakukan oleh prajurit khusus dengan saling memahami kode berupa jumlah nyala api. Telekomunikasi ini digunakan saat perang dan hanya efektif pada malam hari.
            Pada abad ke-2 sesudah Masehi bangsa Romawi menggunakan asap sebagai media telekomunikasi. Mereka membangun jaringan telekomunikasi yang terdiri dari ratusan menara hingga mencapai 4500 kilometer. Setiap menara bisa mengeluarkan asap yang dapat dilihat oleh menara lain yang berada di dekatnya. Sistem telekomunikasi ini digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan militer dalam menjalankan pemerintahan atas daerah jajahan yang semakin luas.
            Pada abad ke-4 sesudah Masehi, Aeneas the Tactician mengusulkan system telekomunikasi menggunakan air yang disebut hydro-optical telegraph. Sistem telekomunikasi ini memanfaatkan ketinggian air sebagai kode-kode dalam berkomunikasi. Sistem ini bisa mengirimkan pesan dengan sangat cepat dari satu tempat ke tempat lain.
            Pada masa Revolusi Perancis, Claude Chappe menemukan alat telekomunikasi yang disebut mechanical-optical telegraph atau sering disebut semaphore. Alat tersebut berupa suatu batang yang dapat digerakkan menggunakan tali sehingga bisa membentuk berbagai simbol/huruf yang jumlahnya mencapai 196 (huruf besar, kecil, tanda baca dan angka). Alat tersebut dipasang di atas atap gedung sehingga bisa terlihat dari jarak jauh. Jaringan telegraph menggunakan alat tersebut dioperasikan pada tahun 1794 ketika tentara sukarela mempertahankan Perancis dari serangan Austria dan penjajah lainnya. Jaringan tersebut terdiri dari 22 stasiun dengan jangkauan 240 kilometer. Pengiriman pesan sejauh itu hanya membutuhkan waktu 2 sampai 6 menit.
            Penggunaan telekomunikasi modern lahir sejak didemonstrasikannya telegraf oleh Samuel Morse (1837). Mulai saat itu era penyampaian informasi melalui listrik dan magnet dimulai. Telegraf kemudian disusul dengan penemuan telepon oleh Alexander G Bell (1876). Secara teoretis adalah James C Maxwell (1878) yang berhasil merangkumkan persamaan matematika yang mengatur perilaku medan magnet dan medan listrik secara elegan. Maxwell berdiri di atas para ilmuwan besar seperti Coulomb, Gauss, Faraday, Ampere, Biot, dan Savart.
            Berdasarkan persamaan Maxwell itu, Hertz kemudian Marconi (1895) mendemonstrasikan radio telekomunikasi, komunikasi tanpa kabel. Sejak itu para ilmuwan dan insinyur membuat kemajuan yang pasti dan menakjubkan untuk melakukan telekomunikasi tanpa kabel dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai gelombang pembawa dengan frekuensi yang semakin tinggi. Semakin tinggi frekuensi gelombang pembawa akan semakin lebar pita frekuensi. Itu berarti, semakin banyak informasi yang bisa dimuat.
            Perkembangan yang terjadi di dunia telekomunikasi adalah tuntutan tersedianya pita frekuensi untuk menyalurkan data yang semakin lebar. Pada masa awalnya, radio memiliki lebar pita 15 kHz, berikutnya TV membutuhkan lebar pita sekitar 6 MHz dengan frekuensi pembawa sekitar 100 MHz. Frekuensi yang dipakai ini masih dikenal sebagai daerah frekuensi gelombang radio. Kelahiran laser pada dekade 1960-an membuka peluang tersedianya pita yang sangat lebar untuk telekomunikasi di daerah frekuensi gelombang cahaya, yang semuanya merupakan bagian dari spektrum frekuensi gelombang elektromagnetik.




            Pada awal tahun 1990-an, komuter dan telepon seluler merupakan barang mewah yang hanya bisa dimiliki beberapa orang. Sekarang, kedua barang itu bisa dibeli oleh kebanyakan orang dengan harga yang relatif murah. Perangkat komputer banya kita jumpai dirumah-rumah penduduk seperti halnya radio dan televisi.

1.         Beragam Jenis Alat Komunikasi
              Meski ada banyak ragam alat komunikasi, kita dapat menggolongkannya menjadi dua golongan besar, yaitu komunikasi kabel dan alat komunikasi nirkabel. Sesuai namanya, alat komunikasi kabel menggunakan kabel sebagai media komunikasi. Kabel tersebut biasa berupa kabel tembaga biasa, kabel sesumbung (coaxial), maupun kabel serat optik. Komunikasi kabel jarak jauh melibatkan kabel-kabel yang ditanam di dalam tanah, dihubngkan dengan tiang, maupun diletakkan di dasar laut.
a.        Telepon
Telepon adalah peralatan yang mengubah suara menjadi energi listrik dan mengirimkannya melalui kabel jaringan telepon dan sebaliknya mengubah energi listrik menjadi suara. Telepon berasal dari bahasa Yunani, tele, berarti jauh dan phone berarti suara. Telepon terdiri atas empat bagian utama, yaitu mekanisme dialing, transmitter, ringer dan receiver.
b.        Faksimile (Faks)
Melalui saluran telepon dikirimkan informasi berita berupa gambar statis atau sesuatu yang tertulis atau tercetak dapat dianalogikan dengan mesin fotocopy jarak jauh.
c.         Televisi
Televisi berasal dari kata tele yang artinya jauh dan vision, yang artinya tampak, jadi televisi artinya dapat melihat dari jarak jauh. Televisi adalah sistem komunikasi yang mengirimkan gambar dan suara dengan menggunakan gelombang elektromagnetik. Televisi Berbagai Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dibuat berawal dari ditemukannya cakram metal (logam) kecil yang berputar dan memiliki banyak lubang oleh Paul Nipkow pada tahun 1883. Saat ini televisi merupakan alat komunikasi yang ada hampir di setiap rumah, karena merupakan media informasi dan hiburan yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.
d.        Personal Data Assistance (PDA)
PDA sering disebut juga Pocket PC adalah komputer mini yang dapat dimasukkan kedalam saku. Digunakan untuk pengolahan data dan penyajian informasi. Sekarang ini beberapa seri PDA juga digabungkan dengan GSM sehingga dapat berfungsi sebagai telephone bergerak (Handphone).

e.         Telepon Seluler
Telepon seluler merupakan gabungan antara teknologi radio dengan teknologi telepon. Perkembangan teknologi wireless dan teknologi seluler dimulai sejak tahun 1940 saat teknologi telepon mobile diperkenalkan. Teknologi ini mengalami hambatan sekitar kurang lebih 60 tahun. Hal ini disebabkan perkembangan teknologi transistor atau semikonduktor belum ditemukan. Setelah ditemukannnya transistor perkembangan teknologi ini semakin pesat.
Perkembangan teknologi telepon tanpa kabel (wireless) saat ini diantaranya adalah AMPS (Advance mobile phone system), GSM (Global system for mobile system) dan CDMA (Code Division Multiple Access).
ü AMPS
AMPS merupakan generasi pertama pada teknologi selular. Sistem ini dialokasikan pada band 800 Mhz. jaringan ini menggunakan sirkuit terintergrasi yang sangat besar yang terdiri dari Computer Dedicated dan System Switch.
AMPS menggunakan range frekuensi antara 824 Mhz – 894 Mhz yang diperuntukan pada ponsel analog. AMPS hanya di operasikan pada band 800 Mhz dan tidak menawarkan fitur lain yang umum digunakan pada layanan selular seperti e-mail dan browsing di web. Kualitas suara yang kurang bagus serta beberapa permasalahan teknis menjadi kendala dari sistem AMPS ini sehingga sistem ini tidak berkembang dan bahkan ditinggalkan setelah teknologi digital berkembang.
ü GSM (Global System for Mobile Telecomunication)
GSM merupakan generasi kedua setelah AMPS, GSM pertama kali dikeluarkan pada tahun 1991 dan mulai berkembang pada tahun 1993 dengan diadopsi oleh beberapa negara seperti Afrika Selatan, Australia, Timur Tengah, dan Amerika Utara. Perkembangan pesat dari GSM disebabkan karena penggunaan sistem yang digital sehingga memungkinkan pengembang untuk mengeksploitasi penggunaan algoritma dan digital serta memungkinkannya penggunaan Very Large Scale Intergration (VLSI). Untuk mengurangi dan memperkecil biaya Handled terminalnya, pada saat ini GSM telah menggunakan fitur Intelegent Network (jaringan kecerdasan).
GSM adalah sistem telekomunikasi bergerak dengan menggunakan sistem selular digital. GSM pertama kali dibuat memang dipersiapkan untuk menjadi sistem telekomunikasi bergerak yang memiliki cakupan internasional berdasarkan pada teknologi MultIplexing Time Division Multiple access (TDMA). GSM mempunyai frekuensi 900 Mhz selain itu GSM juga menggunakan frekuensi 1800 Mhz dengan nama Personal Communication Network. GSM juga menyediakan layanan untuk mengirimkan data dengan kecepatan tinggi yang menggunakan teknologi High Speed Circuit Switch Data (HSCSD) yang mampu mengirimkan data sampai 64 Kbps hingga 100 Kbps. Di Indonesia jaringan GSM ditempati oleh PT. Telkomsel, Exelkomindo, Satelindo, Indosat.
ü CDMA
CDMA merupakan generasi ketiga. Teknologi telepon tanpa kabel sangat dirasakan perkembangannya dengan munculnya berbagai macam jenis telepon selular. Sekarang ini yang sedang berkembang adalah telepon tanpa kabel yang menggunakan Code Division Multiple Access yang menggunakan teknik penyebaran spectrum. Berbeda dengan metode Global System for Mobile Communication (GSM) yang menggunakan Time Division Multiplexing (TDM), CDMA tidak memberikan penanda pada frekuensi khusus pada setiap user. Setiap channel menggunakan spectrum yang tersedia secara penuh. Percakapan individual akan di encode atau di sandikan dengan pengaturan digital secara pseudo random. CDMA merupakan perkembangan AMPS yang pertama kali digunakan oleh militer Amerika Serikat sebagai komunikasi intelejen pada waktu perang. Perkembangan CDMA tidak secepat perkembangan GSM yang banyak diadopsi oleh sebagian besar operator di berbagai macam Negara. Di Indonesia untuk jaringan CDMA ditempati oleh PT. Mobile-8, Telecom, Telkomflexy dan Esia.
f.         Radio
Radio alat komunikasi yang mengrimkan suara melalui udara dengan gelombang elektromagnetik. Radio berperan dalam penyebaran informasi (mendengarkan berita), media hiburan (mendengarkan musik, drama), untuk komunikasi pada pesawat, kapal, aparat kepolisian dan militer juga menggunakan radio sebagai sarana komunikasi jarak jauh.
g.        Telegraf
Alat telekomunikasi ini sekarang sudah jarang digunakan, setelah banyaknya ditemukan alat komunikasi yang fungsinya lebih baik dari telegraf. Telegraf menggunakan kode-kode morse dalam menuliskan pesan atau berita dan kemudian dikirimkan dengan menggunakan pulsa listrik.
2.         Internet: Jaringan Komunikasi Dunia
       Internet tercipta berkat kemajuan teknologi komputer dan komunikasi. Sistem komunikasi yang baik memungkinkan komputer-komputer diberbagai tempat saling dihubungkan hingga membentuk jaringan. Interconnected Network atau Internet pada dasarnya adalah sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Internet tersusun dari jaringan jaringan komputer lokal miliki univeritas, kantor pemerintah, perusahaan, maupun perorangan. Jaringan itu saling terhubung melalui saluran komunikasi.
       Saluran komunikasi yang menjadi penghubung utama pada jaringan internet disebut backbone (tulang punggung). Backbone internet bisa kita ibaratkan sebagai tali besar yang menghubungkan tali-tali kecil pada jaring ikan. Lalulintas data melalui backbone diatur oleh gateway dan router. Alat-alat ini ditempatkan dititik-titik pertemuan antara satu jaringan dengan jaringan lain. Gateway dan router bertugas melewatkan paket-paket data sehingga hampir ketujuan akhir mereka.
       Internet Service Provider (ISP) menyediakan koneksi ke backbone bagi lembaga atau perorangan yang membutuhkannya. ISP mempunyai perangkat keras dan perangkat lunak yang dibutuhkan untuk terkoneksi ke backbone. Perusahaan yang menjadi ISP ialah perusahaan telepon, operator satelit, operator seluler, dan perusahaan komunikasi lainnya. Perusahaan telepon seperti PT. Telkom menyewakan nomer telepon lokal kepada perorangan yang menggunakan jalur telepon untuk terhubung ke Internet.
       Selain itu kita dapat mengakses internet melalui warnet (warung internet), sekolah, atau kantor yang memiliki koneksi internet. Sekarang ini, kita dapat menjumpai warnet bahkan dikota-kota kecamatan sekalipin. Warnet adalah tempat mengakses internet yang disewakan untuk umum.
       Pergi ke warnet bukan satu-satunya cara untuk mengakses internet. Kita bisa mengakses internet jika dirumah kita ada seperangkat komputer dan modem.
       Di kota-kota besar, kita bisa mengakses internet secara bebas melalui hospot. Hospot adalah wilayah yang terjangkau oleh kmputer lokal tanpa kabel. Jaringan ini sering disebut WiFi dan bekerja dengan gelombang radio. Kita bisa menemukan hospot dipusat perbelanjaan, kampus, perpustakaan, kafe, atau diruang tunggu bandara.
Beberapa layanan internet yang saat ini banyak digunakan antara lain:
·         Layanan E-Mail, yaitu layanan yang memungkinkan pengguna internet mengirim dan menerima pesan dalam bentuk surat eletronik.
·         Layanan internet Relay Chat (IRC) atau chatting, yaitu layanan yang memungkinkan pengguna berkomunikasi langsung dengan pengguna internet lainnya.
·         Layanan World Wide Web (WWW) yaitu layanan yang memungkinkan pengguna menjelajahi internet guna memperoleh data atau informasi tertentu.
·         Layanan Search engine atau mesin pencari, yaitu layanan pencarif file atau informasi tertentu di internet secara cepat.
          Selain layanan-layanan diatas, masih terdapat beberapa layanan lain seperti VolP (layanan komunikasi suara) dan weblog (layanan penulisan buku harian atau catatan pribadi di internet). Layanan internet masih akan terus berkembang dan bertambah sesuai dengan kemajuan teknologi yang menyertainya.

            Teknologi informasi dan telekomunikasi dapat dimanfaatkan pada berbagai bidang kehidupan antara lain dalam bidang pendidikan, bisnis, pemerintahan sosial, kesehatan serta agama.
Dampak positif pemanfaatan teknologi informasi dan telekomunikasi antara lain:

1.         Peranan TIK dalam dunia pendidikan
Manfaat TIK dalam bidang pendidikan antara lain :
·           Berbagi hasil penelitian, hasil penelitian yang dimuat dalam internet akan mudah dimanfaatkan orang lain disegala penjuru dunia dengan cepat.
·           Konsultasi dengan pakar, konsultasi dangan para ahli dibidangnya dapat dilakukan dengan mudah walaupun ahli tersebut berada ditempat yang sangat jauh.
·           Perpustakaan online, perpusatakaan online adalah perpustakaan dalam bentuk digital.
·           Diskusi online. Diskusi online adalah diskusi yang dilakukan melalui internet.
·           Kelas online. Aplikasi kelas online dapat digunakan untuk lembaga-lembaga pendidikan jarak jauh, seperti universitas dan sekolah-sekolah terbuka.
Keuntungan pemanfaatan TIK dalam bidang pendidikan bagi pelajar antara lain :
·           Dapat mengakses informasi-informasi hasil penelitian orang lain
·           Memperoleh sumber ilmu pengetahuan dengan mudah
·           Akses ke para ahli lebih mudah karena tidak dibatasi jarak dan waktu
·           Materi pelajaran dapat disampaikan interaktif dan menarik
·           Melalui belajar jarak jauh dapat menghemat biaya dan waktu.
Keuntungan pemanfaatan TIK dalam bidang pendidikan bagi penyelenggara pendidikan antara lain :
·           Dapat berbagi hasil penelitian dengan lembaga pendidikan lain
·           Dapat memberi layanan lebih baik ke peserta didik
·           Dapat menjangkau peserta didik yang tempatnya sangat jauh
·           Melalui perpustakaan online, dapat menekan biaya untuk menyediakan buku.
·           Dapat saling berbagi sumber ilmu dengan institusi lain.
2.         Pemanfaatan TIK dalam bidang bisnis/usaha
              Pemanfaatan TIK sangat membantu kelancaran komunikasi dalam bisnis. Fedex adalah salah satu perusahaan jasa kurir yang memanfaatkan sistem informasi untuk mengawasi sampai dimana barang yang dikirimkan melalui bantuan internet. Pemanfaatan TIK untuk membuat layanan baru antara lain internet banking, SMS banking, dan e-Commerce.

·           Internet banking
 Adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan internet. Transakasi yang dapat dilakukan adalah pengecekan saldo, transfer uang, pembayaran tagihan.
internetbanking.JPG







Keuntungan internet banking bagi bank adalah bank dapat memberikan keleluasaan kepada nasabah untuk melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja. Keuntungan internet banking bagi nasabah antara lain :
a.         Menghemat waktu, karena tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi
b.        Menghemat biaya, karena transportasi menuju ke bank dapat dihilangkan.
c.         Lebih cepat, karena tidak perlu menunggu antrean yang banyak.

·           SMS Banking
Adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan SMS (short Message Service ). Transaksi yang dapat dilakukan adalah pengecekan saldo, transfer uang, dan pembayaran tagihan.
·           E-commerce
Perdagangan elektronik (Electronic commerce ) adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan internet.
Keuntungan perdagangan elektronik antara lain :
1.        Perusahaan dapat menjangkau pasar lebih luas, karena pembeli yang mengakses internet tidak dibatasi tempat dan waktu.
2.        Perusahaan tidak perlu membuka cabang distribusi
3.        Pengeluaran lebih sedikit, karena pegawai tidak banyak.
4.        Harga barang lebih murah, karena biaya operasionalnya murah.
Keuntungan yang diperoleh konsumen antara lain :
1.         Konsumen tidak perlu ke toko untuk mendapat barang.
2.         Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya perjalanan
3.         Konsumen dapat membandingkan harga dari pemasang iklan lain di internet.
4.         Konsumen dapat membeli barang yang di dalam negeri tidak ada
5.         Harga barang lebih murah.

3.         Peranan TIK dalam bidang pemerintahan e-government (electronic government)
              Tujuan e-government adalah untuk meningkatkan hubungan pemerintah, dalam hal ini lembaga yang bersangkutan dengan pihak-pihak lain. Bentuk-bentuk hubungan pemerintahan dalam pemanfaatan TIK antaralain :
1.        G2C (government to citizen), adalah pemanfaatan TIK untuk melayani kebutuhan masyarakat luas, misalnya melayanai kependudukan dan administrasi.
2.        G2B (government to business), adalah pemanfaatan TIK untuk melayani kebutuhan dunia usaha, misalnya pengurusan izin usaha, permintaan data statistik yang dibutuhkan pengusaha, dan sebagainya.
3.        G2G (government to government), adalah pemanfaatan TIK untuk melayani kebutuhan lembaga pemerintah lain, departemen lain, pemerintah diatas atau dibawahnya, dan sebagainya.
Pemanfaatan TIK dalam bidang pemerintahan memiliki keuntungan antara lain :
1.        Meningkatkan layanan kepada masyarakat. Masyarakat dapat dilayani kapan saja tanpa harus menunggu kantor buka.
2.        Meningkatkan hubungan pemerintah dengan dunia usaha dan masyarakat karena informasi mudah diperoleh.
3.        Tersedianya informasi yang mudah diakses masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengambil keputusan yang benar dan dapat diberdayakan.
4.        Meningkatkan transparansi pemerintahan.
4.         Peranan TIK dalam bidang sosial
              Untuk memantau kondisi sosial masyarakat pemerintah memanfaatkan TIK dengan programnya yang disebut ICT4PR (information and Communication Technology for poverty Reduction ). ICT4PR membangun pusat-pusat Teknologi informasi dan komunikasi yang disebut telecenter. Manfaat telecenter bagi masyarakat adalah :
a.         Sebagai sumber informasi dan sarana belajar dari masyarakat.
b.        Untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi masyarakat
c.         Meningkatkan informasi kesehatan
d.        Untuk melihat peluang yang lebih luas untuk memasarkan produk setempat.
e.         Mengembangkan perdagangan melalui e-commerce





             Telekomunikasi atau teknologi informasi dan komunikasi ternyata tidak hanya memudahkan dan meringankan pekerjaan kita. Komputer, internet, dan alat komunikasi modern juga memicu terjadinya tindak kejahatan. Kejahatan komputer adalah tindakan pelanggaran hukum juga berarti menggunakan komputer atau telekomunikasi untuk melakukan tidakan yang melanggar hukum.
1.         Pelanggaran hak cipta
              Hak cipta adalah hak yang diberikan kepada seseorang atau kelompok atas hasil karya atau sebuah ciptaan untuk mengumumkan, memperbanyak, dan menggunakan karya ciptanya.
Tujuan memberikan hak cipta adalah :
1.             Melindungi kepentingan pencipta atas hasil ciptaannya
2.             Mendorong orang untuk berinovasi untuk menghasilkan karya cipta.
3.             Menciptakan rasa aman bagi setiap orang untuk menghasilkan sebuah karya cipta yang bermanfaat bagi manusia.
Untuk melindungi warga tentang hasil karyanya pemerintah mengeluarkan undang-undang hak cipta yaitu undang-undang no. 19 tahun 2002.
Beberapa bentuk ciptaan yang dilindungi undang-undang antara lain :
1.             Buku, program komputer (software), pamlet, perwajahan (lay out) karya tulis yang diterbitkan, dan semua hasil karya tulis lain.
2.             Ceramah, kuliah, pidato, dan ciptaan yang sejenis
3.             Alat peraga yang dibuat untuk kepentingan pendidikan dan ilmu pengetahuan.
4.             Lagu atau musik dengan atau tanpa teks;
5.             Darama atau drama musikal, tari, koreografi, pewayangan, dan pantomim;
6.             Seni rupa dan segala bentuk seni lukis, gambar, seni ukir, seni kaligrafi, seni pahat, seni patung, kolase, dan seni terapan;
7.             Arsitektur;
8.             Peta;
9.             Seni batik;
10.         Fotografi;
11.         Sinematografi;
12.         Terjemahan, tafsir, saduran, bunga rampai, database, dan karya lain dari hasil pengalihwujudan.
Menurut pasal 1 ayat 8 UU hak cipta, yang dimaksud program komputer adalah sekumpulan instruksi yang diwujudkan dalam bentuk bahasa, kode, skema, ataupun bentuk lain, yang apabila digabung dengan media yang dapat dibaca dengan computer akan mampu membuat computer bekerja untuk melakukan fungsi-fungsi khusus atau untuk mencapai hasil khusus, termasuk persiapan untuk merancang instruksi-instruksi tersebut.
Pasal 72 ayat 3 UU hak cipta menyatakan bahwa barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu program computer dipidana dengan pidana penjara paling lama lima tahun dan / atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah). Pembajakan akan merugikan pemegang hak cipta dan perkembangan teknologi karena :
a.              Mengurangi jumlah uang untuk penelitian dan pengembangan program computer
b.              Mengurangi penyediaan produk penunjang local
c.              Mengurangi kemampuan penyaluran program computer yang sudah ditingkatkan mutunya
d.             Mengurangi hasil penjualan penyalur resmi.

2.         Cybercrime
              Kejahatan komputer turut berkembang seiring dengan perkembangan pesat internet. Dewasa ini kita mengenal istilah Cybercrime atau kejahatan dunia maya. Cybercrime adalah sejenis kejahatan yang dulakukan menggunakan jaringan komputer, khususnya internet. Jenis-jenis cybercrime antara lain adalah menggunakan kartu kredit orang lain untuk membeli barang di internet (dikenal dengan sebutan carding), pemalsuan informasi di internet penyusunapan kesuatu system komputer tanpa ijin, pembobolan rekening melalui internet banking serta penipuan penjualan melalui internet.
       Penipuan tidak hanya dilakukan oleh penjahat melalui internet, tetapi juga melalui telepon dan ponsel. Biasanya penjahat menelepon atau mengirim ucapan selamat melalui SMS yang menyatakan bahwa pemilik ponsel mendapatkan hadiah tertentu. Kemudian, penerima hadiah diharuskan untuk mengirimkan sejumlah uang sebagai persyaratan menebus hadiah tersebut. Setelah uang terkirim, penjahat akan kabur tanpa hadiah yang dijanjikan.
Karakteristik kejahatan internet adalah sebagai berikut :
1.             Kejahatan melintasi batas Negara
2.             Sulit menentukan hokum yang berlaku karena melintasi batas Negara.
3.             Tidak dapat dipastikan hokum Negara mana yang berlaku.
4.             Menggunakan peralatan-peralatan yang berhubungan dengan computer dan internet.
5.             Mengakibatkan kerugian yang lebih besar disbanding kejahatan konvensional
6.             Pelaku memahami dengan baik internet, computer, dan aplikasinya.
Bentuk-bentuk cybercrime antara lain :
1.             Unauthorized acces adalah kejahatan dengan cara memasuki jaringan computer dengan cara yang tidak sah (melakukan penyusupan). Penyusupan untuk mencuri informasi, sabotase pelakunya disebut cracker. Sedangkan penyusupan untuk menguji keandalan suatu system pelakunya disebut hacker.
2.             Illegal contents adalah memasukkan data atau informasi ke internet tentang sesuatu yang tidak benar dengan tujuan merugikan orang lain maupun menimbulkan kekacauan.
3.             Data forgery adalah memasukkan data yang tidak benar ke dalam internet.
4.             Cyber espiongase and extortion (cyber terrorism) adalah kejahatan dengan cara memasukkan virus/program untuk menghancurkan data pada computer pihak lain.
5.             Offense against intellectual property adalah kejahatan yang dilakukan dengan cara menggunakan hak kekayaan intelektual yang dimiliki pihak lain di internet.
6.             Infringements of privacy adalah kejahatan yang dilakukan dengan cara mendapatkan informasi yang bersifat pribadi dan rahasia.
7.             Phishing adalah kejahatan dengan cara mengecoh orang lain agar memberikan data pribadinya melalui situs yang disiapkan pelaku.
8.             Carding adalah kejahatan yang dilakukan dengan cara mencuri data-data kartu kredit orang lain kemudian digunakan untuk transaksi melalui internet.


3.         Penyebaran virus computer
              Jenis kejahatan komputer lainnya adalah penyebaran virus komputer oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Virus ialah program komputer yang dirancang agar komputer melakukan hal-hal yang tidak kita perintahkan. Virus biasanya menginfeksi program aplikasi dan file-file yang tersimpan di alat penyimpanan data.
a.         Sifat dan karakter virus antara lain :
b.        Berukuran sangat kecil
c.         Mampu menggandakan diri
d.        Membutuhkan korban agar tetap hidup
e.         Membutuhkan medium tertentu untuk menyebar.
Tanda-tanda computer terinfeksi virus :
a.         Computer menjadi lambat
b.        Kinerja memori berkuran
c.         Ruang penyimpan data cepat penuh,
d.        Computer tiba-tiba restart
e.         Ada pesan muncul yang tidak dikehendaki, dan lain-lain.
Kerugian yang ditimbulkan akibat virus adalah :
a.       Kerusakan / hilangnya data
b.      Kerusakan program computer
c.       Kerusakan hardware computer
d.      Kehilangan banyak waktu dan uang untuk memperbaiki computer
Cara menghindari agar computer tidak terinfeksi virus :
a.         Menginstal antivirus
b.        Sering meng-update database antivirus
c.         Berhati-hati menjalankan file baru
d.        Mewaspadai kerusakan sejak awal.
e.         Membackup data secara teratur
f.         Selalu melakukan scanning terlebih dahulu sebelum membuka data dari media computer lain.
Contoh antivirus yang beredar di pasaran antara lain :
a.         Freeware (gratis) : AVG, ANSAV, Anti Vir, ClamAV, Norman AVdll.
b.        Shareware (tidak gratis) : Mc Afee Virus scan, Norton AV, Kaspersky , Norton AV, dll.

4.         Pornografi, perjudian dan penipuan
·           Internet biasanya digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan gambar-gambar porno untuk merusak mental sebuah bangsa terutama generasi muda.
·           Perjudian juga marak dilakukan melalui internet, misalnya kasino.
·           Penipuan sering terjadi dilakukan melalui internet dengan cara menawarkan barang yang sangat menarik, namun tidak sesuai dengan kenyataan.
5.         Pembajakan Perangkat Lunak
              Salah satu kejahatan komputer yang paling banyak dilakukan adalah pembajakan perangkat lunak. Perangkat lunak komputer biasanya dijual dalam bentuk CD. Kita dengan mudah bisa menyalin, menggunakan atau menyebarkannya. Akan tetapi menyalin perangkat lunak tanpa ijin adalah tindakan yang melanggar hukum karena merugikan pihak lain.
              Untuk menghindari kejahatan karena pembajakan perangkat lunak, kita harus membiasakan diri membeli perangkat lunak asli. Cara lain ialah menggunakan perangkat lunak public domain dan freeware yang bisa digunakan secara bebas.
              Begitulah telekomunikasi telah sedemikian rupa mempengaruhi kehidupan umat manusia. Komputer dan alat komunikasi bisa menjadi alat bantu yang bermanfaat dalam kehidupan kita, tetapi juga bisa menjadi sarana melakukan kejahatan. Danpak baik maupun dampak buruk teknologi informasi dan komunikasi tergantung pada manusia yang menggunakannya.







BAB III
PENUTUP
   Dari pembahasan tentang Dampak Positif dan Negatif dari Perkembangan Dunia Telekomunikasi, penyusun mengambil kesimpulan sebagai berikut:
1.         Informasi dan komunikasi merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia. Hampir seluruh kegiatan kita melibatkan informasi dan komunikasi, misalnya mendengar guru mengajar, membaca buku, menontong televisi, dan mengirim SMS dengan telepon seluler.
2.         Peralatan atau sarana telekomunikasi semakin mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Komputer dan telepon genggam contohnya. Bisa kita temukan baik di kota maupun di pelosok-pelosok desa.
3.         Teknologi informasi dan komunikasi membawa manfaat besar dalam kehidupan kita. Komputer membantu kita mengolah data. Telepon selular memudahkan kita memberi kabar penting kepada orang lain. Internet menghubungkan kita dengan warga dunia lainyadan membuat pengetahuan kita bertambah.
4.         Teknologi informasi dan komunikasi berkembang dari waktu kewaktu. Setiap bulan kita mendengar peluncuran telepon selular model baru begitupun dengan komputer.

            ketika telah mengetahui dampak positif dan nefatif dari telekomunikasi sebaiknya kita mempergunakan teknologi itu sesuai dengan fungsinya dengan tidak menyalahgunakan tehnologi tersebut ke perbuatan yang dapat menjerumuskan kita bertindak kejahatan.
















DAFTAR PUSTAKA

Sujadmiko, Eko, 2008. “Berkenalan dengan TIK”. Yogyakarta: ANDI.
http://www.itku.co.cc



Tidak ada komentar:

Posting Komentar